cara memilih mobil bekas untuk pemula
|

Memilih Mobil Bekas untuk Pemula, Begini Caranya

Selamat datang di blog otomotif bernama Custom Feast ini. Kali ini kami menulis sebuah artikel berjudul Memilih Mobil Bekas untuk Pemula, Begini Caranya yang sempat menjadi pertanyaan beberapa teman-teman kami. Ternyata banyak orang yang ingin pertama kali membeli mobil bekas namun masih belum mengetahui cara memilih mobil bekas atau tips mengecek mobil bekas.

Sebelum lanjut ke point penting apa saya yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas, kalian bisa cek juga tips yang pernah kami tulis sebelumnya yaitu tentang Cara Mengkilapkan Body Motor Matic yang Kusam.

cara memilih mobil bekas untuk pemula

Cara Memilih Mobil Bekas untuk Pemula

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas. Mengapa demikian? ya, tentu saja membeli mobil bekas bukanlah hal yang mudah, karena membeli mobil bekas itu cukup beresiko. Resiko yang kita hadapi adalah kita mendapatkan mobil bekas yang kondisinya kurang maksimal, alhasil baru beberapa waktu mobil terbeli nantinya banyak trouble di mobil tersebut. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memilih mobil bekas.

Atur Budget untuk Membeli Mobil Bekas

Pertama-tama sebelum membeli mobil bekas tentu saja perlu dimatangkan soal budget. Jika kalian punya budget yang lebih dan dihitung-hitung masih mending membeli mobil baru, kenapa tidak membeli mobil baru saja? Lain cerita kalau kalian memang memiliki budget yang tidak terlalu banyak namun tetap bisa membeli mobil karena memang sudah kebutuhan, tentu membeli mobil bekas adalah solusi. Jadi yang perlu pertama kali dilakukan adalah sesuaikan budget kalian sebelum membeli mobil.

Cari Referensi Penjual Mobil

Setelah pertama kita sudah menentukan budget, langkah selanjutnya adalah cari referensi penjual mobil baik secara offline maupun online. Jika cara offline tentu akan cukup merepotkan kalian, karena kalian harus datang ke tempat A, B, C dan seterusnya. Belum lagi tingkat ketidak enakan kepada orang-orang atau penjual yang kita datangi kalau kita hanya datang tanpa jadi membeli.

Baca Juga  Sunmori adalah? Yuk Simak Apa Itu Sunmori? Anak Motor Wajib Tau

Nah solusinya adalah cari referensi mobil bekas secara online. Kalian tinggal ketik di google misalnya dengan tulisan: tempat jual beli mobil bekas jakarta, tempat jual beli mobil bekas bagus, jual beli mobil mudah, atau misal lapak penjual mobil bekas murah, dan lain sebagainya.

tempat jual mobil bekas

Pilih Mobil Bekas yang Surat-surat nya Lengkap

Memilih mobil bekas untuk pemula salah satunya adalah carilah mobil bekas yang kelengkapan dokumen (surat-surat) seperti STNK, BPKB lengkap dan aman. Mengapa hal ini perlu diperhatikan dalam memilih mobil bekas? Karena dengan surat-surat yang lengkap akan memudahkan kita di kemudian hari, misalkan kita akan menjual kembali mobil bekas tersebut, maka harga jualnya pun tidak terlalu turun drastis. Selain itu juga untuk dikendarai harian tentu lebih aman dan tidak was-was kalau ada tilangan.

Cek Kondisi Mesin

Jika kalian sudah menemukan mobil yang kalian idamkan lalu kemudian sudah ke tahap melihat mobil langsung ke lokasi, maka kalian perlu mengecek kondisi mobil bekas tersebut. Nah untuk kalian yang merasa pemula dan awam soal mobil bekas, saran kami adalah ajak teman atau saudara yang memang paham soal mesin mobil bekas. Dengan mengajak mereka maka mengecek kondisi mesin bisa dilakukan oleh mereka, jika mereka bilang oke selanjutnya tergantung kalian untuk negosiasi soal harga mobil bekas tersebut.

Cek Rangka dan Kaki-kaki Mobil

Setelah mesin sudah di cek dan oke, jangan lupa untuk cek juga bagian rangka dan kaki-kaki mobil. Pastikan tidak ada bagian yang keropos, hal ini tentu untuk keamanan dan kenyamanan ketika mobil akan dipakai untuk harian. Hal ini mungkin bisa kalian cek sendiri tanpa harus meminta bantuan teman atau saudara untuk mengeceknya. Namun jika mereka mau membantu mengecek, tentu lebih baik.

Baca Juga  Oli Mobil Terbaik Untuk Avanza

Tanyakan Kekurangan Kondisi Mobil pada Penjual

Yang selanjutnya tentang cara memilih mobil bekas untuk pemula adalah dengan cara menanyakan semua kekurangan atau istilahnya minus nya. Jangan ragu dan jangan sungkan untuk menanyakan hal tersebut. Karena si pemilik atau si penjual lah yang sebelumnya sudah paham dengan kondisi mobil bekas yang akan dijual tersebut. Ajak ngobrol santai yang sekiranya membuat mereka nyaman untuk menceritakan kekurangan dari mobil yang mereka jual itu.

Sebetulnya masih banyak lagi hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Mungkin cukup sampai sini yang dapat kami tuliskan saat ini. Mungkin untuk lebih lengkapnya akan kami update tulisan ini atau kami lanjutkan di postingan lain. Atau jika kalian ada tips cara memilih mobil bekas untuk pemula, bisa tulis di kolom komentar. Kami sangat terbuka untuk kalian yang ingin berbagi informasi.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung ke website kami, semoga tulisan kami yang berjudul Memilih Mobil Bekas untuk Pemula, Begini Caranya dapat menambah informasi seputar dunia otomotif dan komunitas otomotif. Jika ada kritik atau saran bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini. Untuk layanan kerjasama juga kami terima, kami terbuka untuk kalian semua.

Ikuti beberapa akun sosial media kami:

Similar Posts